Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Makna Motif Pajajaran

Motif atau ragam hias Pajajaran

Ragam hias ini banyak terdapat di Jawa Barat karena merupakan hasil dari budaya Kerajaan Pajajaran. Peninggalan yang masih sampai sekarang banyak terdapat di Makam Sunan Gunung Jati. Dalam ragam hias ini kelihatan bentuk-bentuk yang bulat karena semua bentuk ukiran di ekspresikan bulatan atau cembung. Ragam hias Pajajaran terdiri dari:

1)      Daun pokok : daun pokok atau relung besar dibuat cembung atau bulatan. Hal ini perkasanya sifat ragam hias.
2)      Angkup :  pada ragam hias ini dibuat cembung atau bulatan. Pada tangkai angkup biasanya tumbuh trubusan pada bagian atas.
3)      Cula : Pada ragam hias Pajajaran ini ada bentuk daun kecil yang tumbuh di muka daun pokok atau relung besar. Hal ini merupakan corak khusus bahwa di Jawa Barat dengan adanya binatang yang bercula yaitu binatang badak.
4)      Endhong : daun yang tumbuh dibelakang daun pokok, bentuknya bersusun-susun dari bawah sampai atas dau pokok. Juga bersifat pengisi bidang-bidang kosong.
5)      Simbar : pada daun pokok depan, tepatnya di belakang benangan tumbuhlah daun kecil-kecil yang berjajar ke atas yang lazimnya disebut simbar. Hal ini lebih menambah wibawa dari ragam hias Pajajaran.
6)      Benangan : berbentuk miring, dari bawah sampai ke atas berhenti pada ulir pokok.
7)      Pecahan : sebagaimana lazimnya motif ukir, pecahan merupakan pemanis atau menambah luwesnya bentuk daun yang sudah dipecahi.
8)   Trubusan Dau-daun kecil yang tumbuh di sekitar daun pokok, juga bersifat pelengkap atau pengisi dari bidang-bidang yang kosong.



Kunjungi Juga Produk Furniture jepara  :   http://www.rumahjepara.com/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

Suradi Pradja mengatakan...

Tanah Pasundan juga ada motif batik tersendiri selain Solo. Salah satunya motif batik Padjadjaran yang tidak kalah bagusnya. Semoga generasi penerus bisa melestarikan warisan budaya Para Karuhun Padjajaran sampai ke anak cucu.Mugia rahayu sagung dumadi. Aamiin Y Robbal'Alamin🙏😀

Unknown mengatakan...

Ragam motif kerajinan kayu jawa barat gimana gambar ny

Unknown mengatakan...

Apa filosofi motif pajajaran

vanjaia mengatakan...

Titanium White Dominus Cartridges | titaniumarts.com
This is samsung watch 3 titanium a cartridge of one samsung titanium watch of the three, titanium-white race tech titanium dominoes, as well as three different styles of poker. It is used mens titanium earrings as a slot titanium watch game and as a table game,

Posting Komentar